Bavure's Blog

Just another WordPress.com weblog

Wavin Flag by K Naan Januari 28, 2010

Filed under: Sekedar Coretan Tangan — Nia only @ 4:57 pm
Tags: , ,

Tak ada yang tak tahu Piala Dunia 2010 yang sebentar lagi akan diselenggarakan, gaungnya begitu mudah kita amati di dunia televisi, media cetak dan radio. Pesta olahraga akbar kali ini menurut saya memiliki banyak sekali keunikan, mulai dari negara tuan rumah, maskot, official soundtrack hingga penyanyi di baliknya.
Negara Tuan Rumah
Pesta bola terbesar ini akan dirayakan mulai tanggal 11 juni – 11 juli 2010 di benua Afrika, tepatnya negara Afrika Selatan. Negara ini menjadi negara yang luar biasa beruntung di antara pesaing lainnya (Mesir, Tunisia, Libya dan Maroko) yang harus gugur di babak pemilihan tuan rumah. Negara yang kaya akan berlian, platinum dan emasnya ini awalnya tak seperti yang kita bayangkan….Berpuluh tahun yang lalu, negara ini berada di titik rendah karena pengaruh era apartheid. Kemiskinan, Kebodohan, Pergaulan bebas, serta Penindasan telah menjadi hal yang wajar untuk diamati, namun negara yang merupakan produsen mariyuana terbesar di dunia ini perlahan merangkak dari keterpurukan di bawah pemerintahan presiden kulit hitam pertama, Nelson Mandela….Lihatlah….ada Perjuangan di dalam diri mereka.

Wavin Flag

Lagu ini kian hari kian sering diperdengarkan di telinga kita, lagu yang sepintas mirip dengan Spirit theme CocaCola ini (yang merupakan salah satu sponsor Piala Dunia2010) lebih sering diputar pada bagian reff-nya saja. Tak banyak yang tahu lirik asli lagu ini….

Iseng-iseng, sambil mencari inspirasi, akhirnya saya mendapatkan liriknya di sini .. namun, ntah kenapa lirik yang ada tidak sesuai dengan official soundtrack yang sering kita dengar. Padahal lirik Wavin Flag yang dinyanyikan oleh K Naan ini begitu indah, menceritakan perjuangan untuk meraih harga diri, bangkit dari kemiskinan dan penjajahan, menggambarkan betapa banyak orang yang menggunakan “cinta” sebagai senjata yang hanya sekedar ucapan saja, namun secara tindakan ternyata cinta digunakan alih alih menutupi penjajahan terselubung yang kian marak saat ini dirasakan negara-negara tertinggal dan berkembang.

Dalam lagu ini tampak betapa peperangan yang memberi ‘janji’ kebebasan justru membawa kelaparan, kemiskinan, bahkan kehilangan harga diri sebuah bangsa…namun, dalam diri mereka ada keyakinan akan menjadi kuat. Lihatlah….betapa indah lirik itu….ada Harapan di dalamnya.

Maskot

Maskot yang digunakan Piala Dunia 2010 ini adalah macan tutul dengan rambut hijaunya yang nyentrik, bernama Zakumi, konon Za merupakan kode bagi negara Afrika Selatan sendiri, dan Kumi berarti sepuluh. Macan tutul dengan wajah yang tampak sporty ini akan berusia 16 tahun di tahun 2010 nanti, yang menunjukkan lahirnya demokrasi di negara ini….Lihatlah betapa negara ini ingin menunjukkan pada dunia, bahwa mereka memang begitu menghargai Demokrasi.

Lihatlah betapa negara kita ternyata memiliki apa yang mereka miliki, namun perjuangan, harapan dan jiwa demokrasi yang ada di dalam diri Afrika Selatan mampu membawa negara tersebut bangkit dari titik rendah pasca era apartheid, kenapa negara kita tidak bisa??

Apakah negara ini juga hanya bisa menggunakan cinta sebagai sekedar ucapan saja??

Tidak bisakah kita mewujudnyatakan “Cinta” dalam tindakan kita, menjadikannya sebagai dasar dari Harapan, meneguhkannya sebagai pendorong Perjuangan, dan memberikannya tempat tertinggi dalam pengikat keragaman dalam satu wadah bernama Demokrasi.

Saya percaya, suatu saat nanti, negaraku Indonesia juga bisa berkata pada dunia : When I get older, i will be stronger, they will call me Freedom just like a wavin flag….

I hope….

I pray….

For my country….

    Iklan
     

    12 Responses to “Wavin Flag by K Naan”

    1. depz Says:

      negara lain aja bisa,
      kenapa negara ini ga bisa ya?

      ehh suka bola juga?
      😀

    2. Indonesia berniat menjadi tuan rumah Piala Dunia untuk tahun 2010. Kira-kira apa yang bisa kita gunakan sebagai maskot ya? Wayang, begitu? 🙂

    3. Nia only Says:

      hehehe…suka bola juga neh bang depz..tapi bukan fanatik, sekedar penikmat 🙂

    4. Nia only Says:

      salam kenal ka vicky…mungkin kalo Indonesia terpilih, maskotnya ‘komodo” deh…..hehehe, dengan arti mencoba bertahan untuk tidak punah… terima kasih mau mampir 🙂

    5. depz Says:

      @vik : 2012 buu 😛

    6. 3rg3 Says:

      hahaha… maskot komodo bagus juga tuhhhh…..
      emang agak aneh yaa, saya juga nyari lirik wavin flag gak ada yang sama dengan lagunya… sempat juga bertanya2 kok bisa yaa salah giini semua… 🙂

    7. Nia only Says:

      bener banget…kayanya emang yang dijadiin official soundtrack cuma bagian reff nya aja 3RG3…

    8. 3rg3 Says:

      kapan posting lagi ?? ditunggu loh… 🙂

    9. Nia only Says:

      hahaha…udah tuh…thank u for waiting

    10. Salam KENAL dan Saling MENGUNJUNGI serta SALING BERBAGI…
      Wah…WEBSITENYA INFORMATIF.Oya, bisa tukeran BANNER/ LINK ga yah…???

      http://DUTACIPTA.WORDPRESS.COM
      🙄

    11. Nia only Says:

      wahhh dengan senang hati mas…saya masukkan ke link saya yah ^_^

    12. candra Says:

      assalammualaikum…

      gn nieh, tentang liriknya yg gak sama itu sm lagunya
      usut punya usut lagunya ad 2 versi
      nah yg sering kita dengar yg versi bhs.afrika kyknya
      tp klo yg banyak di post di situs2 itu versi bhs.ingg
      gue udh punya lagunya 2 – 2 nya yg versi bhs.afrika sm bhs.ingg


    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s