Bavure's Blog

Just another WordPress.com weblog

Bekerja dengan hati September 28, 2012

Filed under: Sekedar Coretan Tangan — Nia only @ 8:06 am
Tags: , , , ,

Cerita ini terinspirasi saat sedang berjalan2…

Kisah pertama,
Waktu itu sedang berhenti di perempatan, menunggu lampu lalu lintas berubah warna jadi hijau.. seorang bapak memainkan seruling bambu di sisi mobil yang kami kendarai… Sesekalinya kami memberikan penghargaan atas jiwa seninya..meski memang tak seberapa…
Si bapak langsung berlalu dan membuang uang yang kami berikan.

Kisah kedua,
Aku memilih untuk ditemani mang ojek ke suatu tempat perbelanjaan…dengan tarif yang menurut saya sudah biasa, tanpa kenaikan apapun apalagi harga bbm saat itu dibatalkan kenaikannya… Sesampainya di lokasi, ntah kenapa si mang ojek menerima uangnya dengan wajah ditekuk serasa ingin membuang saja uang itu ke selokan..

Kisah ketiga,
Saat itu anak saya sedang sakit..saya cuma bisa memilih menggunakan taksi menuju Rumah Sakit (padahal jaraknya juga tidak begitu jauh)..saya sudah berpikir untuk memberikan ongkos di atas minimum payement yang dianjurkan..karena saya yakin si supir mungkin akan protes..
Kejadian yang hampir sama dengan kisah ketiga ini saya alami beberapa kali, namun dengan respon yang berbeda dari tiap supir :
* supir tersenyum, membukakan pintu, dan alih2 marah karena jarak yg bgitu dekat, dia justru menawarkan unuk menunggu dan mengantarkan saya pulang…dan sangat berterimakasih atas bayaran yang diberikan
* supir lainnya cuma menggumam “ibu naik taksi hanya untuk jarak sedekat ini??!!” namun berterima kasih karena bayarannya lebih
* supir yang lain cuma menekuk wajah dan melempar upahnya ke kursi di sebelahnya, tanpa melihat jumlahnya..
Sejak kejadian2 itu, saya hanya memilih taksi dari armada trtentu saja untuk bepergian, saya kapok kalau harus berhadapan dengan orang yang marah2.. saya juga cenderun memilih mang ojek yang akan menemani saya.

Kisah2 itu mungkin dialami banyak orang juga,
namun.. semakin sering terjadi pada saya, saya jadi berpikir ada baiknya kita melakukan segala sesuatu, baik itu perkara besar atau kecil, kita lakukan dengan segenap hati..rezeki akan mengalir deras bila kita melakukan bagian kita dengan baik dan sepenuh hati..

Saya merasa, bagaimana Tuhan mau menitipkan rezeki yang jauh lebih besar..jika dalam perkara kecil saja kita tidak bisa bersyukur..dan melakukannya dengan baik.. Have a nice day..
TETAP BERSYUKUR

 

Menanam benih kebaikan September 28, 2011

Filed under: Sekedar Coretan Tangan — Nia only @ 9:16 am
Tags: , , , ,

Ini bukanlah tentangku…

tapi tentang seorang teman, seorang kakak kelas semasa memakai seragam putih abu-abu….

Meski tak sering berinteraksi dengannya, tapi hari ini seakan aku mengetahui banyak sekali tentangnya….

Saat itu aku ingat bertemu dengannya saat aku masih duduk di tahun terakhir dunia putih abu-abuku…bersama beberapa temannya mereka datang mengunjungi kami siswa siswi yang masih lugu akan dunia perguruan tinggi, dengan senyum dan candanya yang khas dia dan teman2nya memotivasi kami, bahkan bisa dibilang mereka lebih banyak bercanda saat itu hehehee…. oh ya.., aku menganggapnya cukup spesial saat itu, karena Ketua Dewan Pembina kami sering sekali menyebut namanya dan membicarakan tentang dirinya…. (semakin segan saja aku melihatnya, dia mungkin pintar sekali gumamku saat itu)

Setelah duduk di bangku kuliah, aku sempat beberapa kali main ke kotanya, sedikit sapaan dan senyum saja yang bisa ku berikan, karena wajah pria yang berkharisma ini sudah cukup membuatku malu-malu mau mengenalnya lebih jauh….tingkah dan polanya di beberapa foto yang dibagikan oleh teman2ku (yang juga teman2nya) di account fb sudah cukup membuatku menahan tawa karena geli akan tingkahnya yang kocak, dia lucu pikirku….

Hari ini, setelah beberapa tahun tak pernah bertegur sapa dengannya, menjadi hari yang membuat aku mengenalnya lebih banyak lagi, sekaligus menjadi hari terakhirnya di dunia ini, pria yang memiliki postur tidak begitu tinggi ini ternyata memang sangat baik sekali, begitu banyak orang yang dibuatnya tertawa dan tersenyum, dan begitu banyak kesan positif yang ditinggalkannya dalam benak orang2 di sekitarnya, bahkan bagi mereka yang baru mengenalnya setahun bahkan sebulan saja…

Banyak orang dari segala usia yang ternyata tersentuh oleh canda tawanya, cerita2 inspiratifnya, dan kemuliaan hatinya dalam menolong sesama yang tak harap timbal balik sama sekali… tak banyak orang yang demikian, bisa dihitung dengan jari, selain itu suaranya cukup memukau kata teman2nya (meski aku belum pernah mendengarnya bernyanyi solo), dan kata mereka (lagi) dia cukup mampu mengobarkan semangat dalam diri orang2 yang berbicara dengannya (wajar saja dia akhirnya memutuskan untuk mengasuh siswa siswi sekolahku dulu, bangga sekali adik2 yang sempat bertemu dengannya ya..)

Hari ini, hari dimana dia berpulang pada penciptaNya menjadi hari yang mengingatkanku, bahwa sungguh Tuhan yang punya rencana dalam hidup kita, hanya satu yang Dia minta untuk kita lakukan….”mengerjakan anugerah keselamatan yang dia berikan” yaitu dengan menaburkan benih kebaikan, agar nyata cinta kasihNYA di dunia ini….aku sampai berpikir, bila sampai waktuku, akankah orang2 juga mengenang kebaikanku seperti apa yang orang lain lakukan pada pria ini, atau justru tak ada yang mengingatku karena kurang banyaknya benih yang kutaburkan, atau..mereka hanya mengingat sebagian saja dari masa suksesku, kejatuhanku, kegagalanku dan kata pahit yang terlontar olehku….

Pria ini, abang kami Klement Sinaga sudah berhasil menanamkan benih kebaikan di hati kita semua….semoga benih itu bisa tumbuh dan mekar, buahnya bisa dirasakan pula oleh orang2 lain, meski tak akrab mengenalmu namun sungguh bersyukur mengetahui kebaikanmu….

selamat jalan bang, selamat bertemu dengan penciptaMu, khusus buat sahabat2 yang ditinggalkannya semoga tabah menerima kepergianNya, beruntung sekali bisa punya sahabat seperti dia ya….

 

 

 

Jakarta oh Jakarta November 19, 2010

Filed under: ..Heart.. — Nia only @ 11:57 am
Tags: , , , , ,

hmmmmm…..

postingnya aja di folder “heart”, yah isinya sekedar curhat aja kok, suerrr hehehe ^_^

Sebelumnya, ngga pernah membayangkan bisa tinggal di ibukota negara ini, yang kata orang banyak : city that never sleep..
Konon, yang ada di benakku ini ya hidup di kota kecil, dengan udara segar yang masih pantas untuk dihirup dan lingkungan bersih yang jauh dari kata polusi (udara, suara, air de ell ell)

Tapi, apa hendak dikata….sejak memutuskan berumah tangga dan mengurus surat pindah dari catatan sipil (syarat ngurus KTP baru nihhh ^.^), akhirnya harus konsisten berada di samping sang suami tercinta berdiam di kota ini -Jakarta (dibaca dengan efek setajam silett)..

Macet sampai berjam-jam di jalanan, menjadikan mobil seakan rumah kedua (seperti yang biasa dilontarkan artis ibukota hahaha), Banjir setiap hujan turun (genangan airnya sih ngga seberapa, tapiii sekumpulan keluarga kecoa dan tikus yang hijrah saat banjir itu yang bikin bulu merinding T_T), Hawa yang sarat polusi (meskipun keluar di saat matahari terbit, tetap saja pandangan mata dihalangi oleh kabut asap yang datangnya ntah darimana…), belum lagi orang-orang di dalamnya yang seakan orang super sibuk di jagad raya, membuat jalanan bak neraka pfiuhh..

Tapi….
Jakarta di malam hari ternyata mampu membuatku lupa akan kekesalan2 yang
sudah aku lontarkan sebelumnya….
Banyak hal yang setidaknya mengajarkanku tentang hidup dan bersyukur..aku belajar dari
mereka yang menghabiskan sisa hidupnya di dalam kereta dorong yang biasa dijadikan bak sampah,
mereka yang tidur hanya beralaskan koran atau kertas kardus di bawah kolong jembatan
mereka yang dengan gampangnya menjajakan tubuh di pinggir2 rel kereta api bak menjual makanan
mereka yang dengan enaknya menyetir mobil harga milyaran rupiah disertai suara empat knalpotnya dan menyipratkan genangan air pada pejalan kaki
mereka yang setia menghabiskan uang dan waktunya di bar remang2 meninggalkan anak istri

dan mereka yang bermacam2 lagi….masih banyak lagi….
Meski di kala terang harus tersiksa dengan kejamnya ibukota, namun di malam hari kubisa mensyukuri kembali betapa memang hidup ini indah,
tergantung bagaimana kita menjalaninya dan membuatnya lebih berarti

Yahhh…. di balik semuanya itu, kuberterimakasih padaMu Sang Pencipta, atas pelajaran yang cukup berharga ini….

 

Lemakkkk, No way !!! Agustus 26, 2010

Filed under: Article... — Nia only @ 12:40 pm
Tags: , , , , , , ,

just wanna share niy…

Lemak di bagian tubuh mana yang menurut Anda paling sulit dienyahkan? Sebagian besar dari Anda pasti akan menjawab lemak perut. Dalam kenyataannya, olahraga pun tidak akan mudah melawan lemak di bagian ini. Yang paling parah, lemak mendalam yang menutupi daerah perut juga lebih mengancam kesehatan daripada lemak di bagian tubuh yang lain. Penyakit jantung, diabetes mellitus tipe 2, dan bahkan kanker payudara adalah beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh kelebihan lemak perut.

Namun, sebenarnya ada beberapa jenis makanan “kunci” yang bisa membantu Anda menyusutkan lemak di perut. Jika Anda sudah melakukan olahraga secara teratur, coba tambahkan usaha Anda mengonsumsi jenis makanan yang mampu membakar lemak lebih cepat:

Serat
Makanan seperti oatmeal dan buncis mengandung serat yang tinggi sehingga mampu membantu menyusutkan lemak perut dengan berbagai cara. Makanan ini membuat Anda merasa lebih cepat kenyang daripada makanan rendah serat, dan membutuhkan waktu mencerna lebih lama untuk membuat Anda merasa kenyang.

Protein
Fungsi protein kurang lebih sama dengan serat, yaitu dapat memperpanjang rasa kenyang. Hal ini karena protein membutuhkan lebih banyak kalori untuk dicerna daripada buah-buahan dan sayuran. Salah satu sumber protein yang juga mengandung vitamin B12 adalah telur. Makanan ini penting untuk memecah sel-sel lemak.

Buncis dan kacang-kacangan (kacang merah, kacang panjang, kacang polong, dan lain-lain) juga merupakan sumber protein yang baik dan memiliki manfaat ekstra karena juga diperkaya dengan serat. Meskipun demikian, Anda perlu memilih jenisnya karena kacang yang digoreng lagi juga mengandung lemak jenuh yang tinggi. Sementara itu, kacang yang dipanggang juga mengandung gula.

Enzim
Buah-buahan seperti pepaya dan nanas diperkaya dengan enzim yang dapat membantu memecah protein agar dapat dicerna dengan lebih baik. Makanan yang mengandung enzim, seperti buah segar dan sayuran, memberikan peluang bagi hati dan pankreas untuk mengeluarkan lebih banyak racun. Selain itu, buah-buah tersebut juga mengubah lemak yang tersimpan di perut menjadi tenaga bagi tubuh.

Lemak sehat
Makanan berlemak tidak selalu menyebabkan perut jadi buncit. Hal ini tergantung dari jenis lemak yang Anda konsumsi. Lemak tak jenuh tunggal, misalnya, mampu meningkatkan metabolisme dan mengubah lemak perut menjadi energi.

Makanan yang kaya dengan lemak sehat ini antara lain minyak zaitun dan alpukat. Minyak zaitun secara khusus tidak hanya membantu Anda membakar lemak, tetapi juga membantu menjaga kadar kolesterol tetap dalam batas normal. Anda juga bisa ngemil makanan, seperti kacang almond, yang tidak hanya kaya lemak tak jenuh tunggal, tetapi juga menjadi sumber protein yang memberikan efek membakar lemak. Almond juga membantu mencegah sakit perut akibat lapar.

Kompas-female http://female.kompas.com/read/xml/2010/08/18/15554393/4.makanan.penyusut.lemak.perut#

 

a Woman Juli 6, 2010

Filed under: Sekedar Coretan Tangan — Nia only @ 6:51 am
Tags: , , ,

Menjadi seorang wanita, istri, ibu
Diciptakan dengan komposisi yang luar biasa unik, berdasarkan resep dengan ramuan yang bermacam-macam banyaknya…

– kala kekasih hatimu, suamimu, anakmu dirundung masalah dan duka..dia akan datang kepadamu, dan kau wanita harus berlapang dada membiarkan hatimu yang juga sedang acak adul menjadi “invisible”..demi menyajikan senyum tuk tenangkan jiwa lainnya.

– kala mereka semua sudah tenang dengan suara lembutmu dan belain halus tanganmu..kau, wanita, mengambil bagianmu dalam kesendirian, kau diam dalam tangis dan doa untuk mereka yang kau kasihi

– kala kekasih hatimu,suami, anakmu berulah..melakukan sesuatu yang mendukakan orang lain..dengan sekejap kau keras bagai batu,tegas bak garis, meski dalam hati kecilmu sebenarnya bukan amarah itu yang ingin kau lontarkan

– kala mereka semua sudah berada di jalannya, tinggallah kau sendiri, wanita, dengan Penciptamu, membahas semua yang terjadi dalam keseharianmu, menangis bersamaNya karena haru bahagia, karena sedih penatmu dan karena harapan2mu yang kau ucap..

Ya….terima kasih ibu, wanita yang jadi contoh dalam hidupku, mengorbankan banyak kesempatan emas demi anak2nya
Ya….terima kasih saudari2 perempuanku, wanita-wanita tegar yang kuatkan sayap patahku
Ya….terima kasih nek, wanita yang meski telah tutup usia, tetap memberi kenangan akan kasih

= ingat, bahwa kau sebagai istri hendaklah menjadi pendoa dan pengingat =

 

Go Go Girl…. April 18, 2010

Filed under: ..Heart.. — Nia only @ 4:42 am
Tags: , , , , , , ,

hahahaha Go Go girl, sekedar sebuah penyemangat untuk diri sendiri,

Kadang banyak masalah dalam hidup yang membuat wanita dengan sifatnya yang sedikit melankolis ini langsung patah semangat, masalah dengan calon pasangan hidup, teman-teman di tempat kerja, atau masalah di tempat kerja itu sendiri….membuatku kadang hanya bisa mengelus dada saja….

Wanna give up sometime, yah itu wajar saja menurutku, tapi hatiku berontak dan berkata : come on!!!!

Dan, mulailah searching sana-sini, mengisi waktu daripada bengong, eh ketemu artikel ini di KoMPaS, jadinya semangat lagi deh… Go Go girl !!!! Apalagi menjelang hari Kartini seperti ini, Majulah Perempuan Indonesia hehehe ^_^

Sebagian wanita berubah dari pribadi yang mandiri dan kuat menjadi seseorang yang moody, pencemburu, dan insecure dalam sekejap ketika berhubungan dengan seseorang. Hal semacam ini bisa terjadi pada siapa saja. Misalnya menyerah dan pasrah terhadap hidup dan karier ketika memutuskan untuk berhubungan dengan seorang pria. Terdengar seperti paradoks, namun demi mempertahankan hubungan Anda, dibutuhkan usaha untuk tetap menjalankan hidup Anda sebelum kehadiran si dia. Berikut tips untuk menjaga kehidupan Anda tetap seimbang.

1. Tetap berhubungan dengan sahabat-sahabat wanita Anda. Untuk wanita, berbicara dengan sesamanya adalah salah satu saluran untuk rileksasi dan melepaskan stres. Cara pria mendengarkan wanita bicara tidak sama seperti wanita mendengarkan sahabatnya bercerita. Sebuah studi di UCLA mengatakan bahwa persahabatan di antara wanita menunjukkan bahwa para wanita butuh ruang tanpa tekanan untuk mereka bisa melakukan perbincangan di antara sesama wanita. Ini merupakan salah satu proses penyembuhan.

2. Lakukan kegiatan yang memberikan kesenangan untuk Anda. Entah itu membaca, melukis, berolahraga, atau bermain dengan anak Anda. Sangat mudah untuk menyerah dan mencari alasan untuk tidak lagi melakukan kegiatan yang Anda senangi. Namun, pada ujungnya, ini tak akan baik untuk Anda maupun orang-orang yang Anda kasihi. Lakukanlah kegiatan yang membuat Anda senang, tanpa alasan!

3. Mulai proyek sendiri. Jika Anda belum memiliki bisnis atau pekerjaan di luar karier Anda, cobalah untuk memulainya. Apapun yang menjadi kesenangan Anda bisa diusahakan untuk dijadikan usaha. Memiliki proyek sendiri yang menyenangkan dan menjadi hobi, serta bisa dijadikan usaha, bisa memberikan kesenangan dan pemenuhan diri. Ini juga sekaligus memberikan Anda kesibukan dan tak melulu mencurahkan segenap pikiran, waktu, tenaga terhadap hubungan Anda dan dia. Selain karena pria pun bisa jengah jika terlalu dihujani pertanyaan dan kehadiran Anda, tapi juga sebagai pengalih perhatian untuk Anda agar tak terlalu fokus terhadap hubungan.

4. Waktu untuk sendiri. Ketika Anda dikelilingi anak, keluarga, pasangan, bos, pekerjaan 24 jam sehari, 7 hari per minggu, lama-kelamaan Anda akan kehabisan tenaga. Anda butuh waktu untuk bisa menikmati diri sendiri. Ambillah waktu luang untuk sekadar pergi berbelanja untuk diri sendiri, ambil buku dan baca di tempat yang menyenangkan, pergi jalan-jalan sendiri, atau mengunjungi restoran baru sendiri. Anda patut mendapatkannya.

5. Ruangan untuk barang Anda. Wanita adalah makhluk yang senang memanjakan diri, dan memerlukan ritual-ritual kecil untuk bersiap demi mendapatkan kesempurnaan. Bukankah Anda perlu waktu untuk bersiap dan tampil cantik sebelum bercinta dengan suami? Bukankah Anda perlu mematut diri setidaknya 15 menit di depan cermin sebelum pergi keluar rumah? Entah itu ruang rias sendiri, atau kamar mandi pribadi, pastikan Anda memiliki ruang untuk barang pribadi Anda agar Anda tak terganggu ketika dalam keadaan terburu-buru untuk urusan di luar rumah. Sedikit saja tak menjalankan ritualnya, mood kita bisa rusak. Ketika mood rusak, seluruh hari pun akan berantakan. Jika itu terjadi, maka runyamlah hubungan Anda dengan orang-orang di sekitar.

Gimana….nice kan, Go go girl !!!! hehehe ^_^

 

IsEnG-ISeNg April 14, 2010

Filed under: ..Heart.. — Nia only @ 9:47 am
Tags: , ,

Hmmmm……….

udah lama ngga mencoret-coret blog ini……

just want to share :

Terkadang kita melupakan apa yang lebih “penting“, karena kita lebih senang melakukan dan menjalani apa yang lebih “asyik” ….

 

 
Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.